Amalan Ibadah Bulan Syawal

Amalan Ibadah Bulan Syawal – Momentum bulan suci Ramadan sudah kita lewati dengan baik, begitu pula dengan keistimewaan hari raya Idul fitri. Bulan syawal merupakan bulan yang mengawali tahun hijrah. Dimana, kita seharusnya bisa meraih pahala sebanyak-banyak di bulan yang baik ini. Agar rasa malas tidak buru-buru menguasai diri, sebaiknya kamu menjalankan ibadah di bulan syawal agar bisa meraih pundi-pundi pahala dan menuai banyak keberkahan.

1. Menjalankan ibadah puasa selama 6 hari

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan syawal akan mendapatkan pahala layaknya telah menjalankan ibadah puasa selama satu tahun penuh. Puasa syawal bisa dimulai pada tanggal 2 syawal atau satu hari setelah hari Idul Fitri.

Niat puasa syawal:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى‎

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi taiala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Puasa syawal juga menjadi pengingat kita atas segala keberkahan yang telah Allah SWT berikan pada kita.

2. Berdiam di masjid melaksanakan I’tikaf

Melakukan I’tikaf ternyata bukan hanya di bulan Ramadan saja lho. Kamu bisa juga melakukannya di bulan syawal. Ibadah yang satu ini merupakan salah satu bentuk cara mendekatkan diri dengan sang pencipta. Melakukan I’tikaf di bulan syawal akan membuat kamu merasa tenang meski sudah berpisah dengan Ramadan.

3. Waktu yang paling tepat untuk melangsungkan pernikahan

Kenapa ya banyak orang yang memilih melangsungkan pernikahan usai Lebaran? Rupanya hal ini bagian dari amalan yang disarankan untuk dilakukan di bulan syawal lho. Menurut riwayat HR Muslim, Rasulullah SAW juga melangsungkan pernikahannya saat memasuki bulan syawal. Makanya, banyak umat muslim yang juga mengikuti jejak Rasulullah dalam melangsungkan ibadah yang satu ini.

Baca Juga  Paket Umroh Syawal Landing Madinah 2020

4. Silaturahmi dengan sanak saudara sesama muslim

Pergi bersilaturahmi di hari Lebaran menjadi tradisi yang tidak bisa terlepas dari kemeriahan hari raya Lebaran. Pada umumnya umat muslim melakukan silaturahmi dengan sanak saudara, termasuk masyarakat Indonesia. Kita bisa melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi kala mudik Lebaran, bukannya menurun justru dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini dirasa cukup meyakinkan bahwa silaturahmi masih menjadi ibadah yang paling mudah dan sering dilakukan.

5. Tadarus alquran, melanjutkan bacaan saat Ramadan dan mengawali dari bacaan pertama

Mengamalkan ibadah dengan membaca ayat-ayat suci Alquran tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadan. Karena pada umumnya, membaca Alquran sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari termasuk bulan syawal. Bulan syawal juga dikatakan sebagai salah satu bulan terbaik setelah Ramadan sehingga kamu bisa mendapatkan pahala apalagi bila disertai dengan salat malam.