Berita Info Al Aqsa Terbaru

Berita Info Al Aqsa TerbaruBerita Info Al Aqsa Terbaru – Departemen Wakaf Islam di Al Quds merilis bahwa lebih dari 100.000 warga Palestina melakukan sholat Idul Fitri di masjid Al-Aqsa pada Kamis (13/5) waktu setempat. Selepas sholat, mereka berdoa untuk kehidupan orang-orang Palestina yang telah meninggal di tanah Palestina. Dilansir dari Saudigazette, Selama beberapa hari terakhir, Masjid Al-Aqsa menyaksikan konfrontasi kekerasan dari pasukan Israel setelah mereka menyerbu dan menyerang jamaah menggunakan peluru karet, tabung gas air mata, dan bom suara, yang menyebabkan ratusan orang terluka.

Ketegangan meningkat akibat rencana pengusiran Israel atas warga Palestina dari sebuah distrik di Yerusalem Timur. Israel melihatnya sebagai bagian dari ibu kota abadinya. Mereka menganggap Yerussalem Timur diduduki oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan polisi Israel, terutama di sekitar masjid Al-Aqsa, situs paling suci ketiga umat Islam terjadi selama beberapa malam. Ketegangan meningkat awal pekan ini dengan aksi rentetan serangan udara Israel ke Jalur Gaza dan tembakan roket dari Gaza ke kota-kota di Israel. Eskalasi tajam telah menewaskan sedikitnya 32 warga Palestina di Jalur Gaza yang diblokade dan tiga warga Israel serta melukai ratusan lainnya.

Sholat Idul Fitri di Masjid Al Aqsa

Umat Muslim di Yerusalem merayakan akhir bulan suci Ramadhan di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina. Hal tersebut juga terjadi saat Muslim setempat melakukan ibadah sholat Idulfitri di luar masjid al-Aqsa dengan berbagai keterbatasan. Dikutip dari Sputnik pada Kamis (13/5), jamaah Muslim berkumpul di luar masjid al-Aqsa untuk melaksanakan sholat Idulfitri. Namun, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dilaporkan membatalkan perayaan Idul fitri karena ketegangan yang masih berlangsung. Khususnya, ketika puluhan warga Palestina gugur dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza.

Baca Juga  Berita Info Palestina Terbaru

Serangan Israel kembali terjadi sebagai tanggapan atas rentetan roket yang ditembakkan dari daerah Gaza. Sejak itu, kedua belah pihak saling baku tembak yang mengakibatkan korban di kedua belah pihak. The Week melaporkan militer Israel baru saja merilis laporan terkini dalam operasi kompleks yang menargetkan militan Hamas melalui serangan udara di Gaza dan Khan Younis. Dalam pernyataannya, mereka mengeklaim serangan itu tepat sasaran dan mengenai bagian penting dari kelompok Hamas yang dekat dengan kepala sayap militer kelompok tersebut.

Hingga kini, Hamas masih belum memberikan komentar. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel berencana menggunakan tangan besi jika diperlukan untuk menghentikan protes yang meluas oleh warga Arab yang mengakibatkan cedera, penangkapan, dan kerusakan properti.

Doa Selebriti Dunia untuk Palestina

Doa serta dukungan terhadap Palestina disuarakan sejumlah selebriti dunia pada momen perayaan Idul Fitri 2021. Penyanyi Zayn Malik, Gigi dan Bella Hadid yang kerap bersuara soal Palestina kembali mengunggah dukungannya di platform sosial media mereka. “Saya ingin memperjelas ini. Kebencian dari kedua sisi tidak baik-baik saja – saya tidak memaafkannya !!. Ini tentang KEMANUSIAAN bukan tentang agama !!!! Ini tentang kebebasan di Palestina,” tulis Bella Hadid di akun instagramnya yang dikutip, Kamis 13 Mei 2021. Selengkapnya ada di sini.

Hal yang sama juga diungkapkan sang adik Gigi Hadid yang mengunggah postingan yang sama untuk dukungannya terhadap Palestina. “Anda tidak dapat memilih dan memilih hak asasi manusia mana yang lebih penting,” tulis Gigi. Sementara pasangan Gigi Hadid, penyanyi Zayn Malik membagikan unggahan “What’s happening in Sheik Jarrah.” Unggahan itu sebagai bentuk doa dan dukungan Zayn Malik terhadap Palestina.

Baca Juga  Berita Info Palestina Terbaru

“Saya berdiri bersama rakyat Palestina dan mendukung perlawanan mereka terhadap penjajahan dan perlindungan hak asasi manusia mereka. Hati saya sakit untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai. Kami tidak bisa berdiri sebagai saksi bisu untuk anak-anak yatim piatu dan dibunuh dan tidak menuntut hak asasi manusia semua orang Palestina! Ini harus diakhiri. Bebaskan Palestina.” Penyanyi Maher Zain pun mengunggah dukungan pada warga Palestina di momen Lebaran. “Idul Fitri, semuanya! Saya berharap Anda semua mendapatkan waktu yang luar biasa dan diberkati bersama keluarga dan orang yang Anda cintai. Berdoa untuk hari kita sholat Idul Fitri di Palestina yang merdeka ????????????.”

Sumber : Republika.co.id