Pulau Rinca Taman Nasional Komodo

Pulau Rinca Taman Nasional Komodo – Adanya media sosial memang memberikan dampak yang baik bagi perkembangan wisata di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang terkenal berkat adanya media sosial dan masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO adalah Pulau Rinca. Pulau yang terletak di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo ini merupakan salah satu tempat hits dan instagrammable pada saat ini.

Ramai sekali orang membicarakan tentang penyelamatan Komodo beberapa waktu lalu dan pembangunan akomodasi di daerah Taman Nasional Pulau Komodo pun terus dilakukan. Hingga berita terupdate rencana penutupan Taman Nasional Komodo oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat selama satu tahun.

Perbedaan Pulau Rinca Dan Pulau Komodo

Pulau rinca flores dan pulau komodo merupakan tempat habitat komodo purba yang dilindungi dunia. Perbedaan ke-dua pulau habitat komodo ini terletak di kontur geografis pulau tersebut. Dimana Pulau Komodo lebih banyak hutannya, sedangkan di Pulau Rinca lebih banyak savana-nya. Pulau Rinca merupakan salah satu jajaran pulau di Flores barat yang menjadi habitat asli dari binatang purbakala Komodo.

Anda bisa mengunjungi Pulau Rinca dengan waktu 2 jam dari Labuan Bajo. Perjalanan tentu saja harus dilakukan dengan menggunakan perahu atau sewa kapal harian di labuan bajo. Sebagai habitat asli dari komodo dan inti dari Taman Nasional Pulau Komodo, Pulau Rinca ini dijaga dengan ketat oleh pemerintah. Pulau ini memiliki luas 190-an km. Meskipun binatang naga purba ini hidup di Pulau Rinca, namun hal tersebut tidak membuat penduduk sekitar takut.

Setidaknya, terdapat 2 kampung yang memiliki penduduk kurang lebih 1000 orang di pulau ini. Kedua kampung tersebut diberi nama Kampung Rinca dan Kampung Karora. Penduduk terbanyak berhuni di Kampung Rinca. Penduduk di Kampung Rinca sendiri memiliki mata pencaharian sebagai seorang nelayan.

Baca Juga  Paket Tour Labuan Bajo 2022 Pulau Komodo

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Rinca Flores Komodo, Anda pun bisa mendatangi Kampung Rinca dan Kampung Karora untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Selain mengandalkan hasil nelayan yang didapatkan, masyarakat di Pulau Rinca ini mendapatkan penghasilan dari menjual makanan, menjadi tour guide, hingga menyewakan rumahnya untuk menjadi homestay bagi wisatawan yang datang.

Penduduk Rinca yang ramah pun membuat wisatawan yang datang ke Taman Nasional Pulau Komodo menjadi betah. Jarak antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo pun tidak berjauhan. Namun, ukuran Komodo yang berada di Pulau Komodo lebih besar dibandingkan ukuran Komodo yang berada di Pulau Rinca. Komodo yang berada di Pulau Rinca pun memiliki sifat yang lebih ganas karena cuacanya terik dan didominasi oleh Padang Savana. Itulah mengapa sering terjadi kasus Ranger diserang Komodo di pulau ini.

Lokasi Pulau Rinca ini sangat nyaman dijadikan sebagai tempat trekking yang tidak akan terlupakan. Anda akan dibuai dan hanyut dalam panorama alam yang memukau dan melihat Komodo dari dekat. Pulau Rinca benar-benar seperti sebuah pulau liar dengan keindahan yang mengagumkan.

Sumber : gotravelaindonesia.com