Sejarah Terbentuknya Boy Band BTS

Sejarah Terbentuknya Boy Band BTS – Audisi untuk boy band baru dimulai pada tahun 2010 dan 2011 oleh Big Hit Entertainment, dan peserta melewati beberapa tahap sebelum diumumkan dengan anggota Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook pada tahun 2012. Enam bulan sebelum debut mereka, mereka mulai menarik perhatian di berbagai situs media sosial, dan juga cover lagu di YouTube dan SoundCloud.

Single dari album debut mereka 2 Cool 4 Skool, seri pertama dari “school trilogy” mereka, dirilis berlainan dengan single utama album berjudul “No More Dream” pada 12 Juni 2013. Ketika album ini berada di nomor lima di Gaon Album Chart dan secara cepat terjual 145,000 eksemplar, “No More Dream” dan single berjudul “We Are Bulletproof Pt. 2” tidak menjadi hit, dengan album terjual hanya sebanyak 24,000 eksemplar pada tahun 2013. Memperluas usaha mereka ke Jepang, “No More Dream” kemudian direkam ulang dalam bahasa Jepang dan dirilis pada 4 Juni 2014.

Bagian kedua dari “school trilogy” adalah extended play berjudul O!RUL8,2?, dirilis pada 11 September 2013, bersama dengan “N.O” sebagai singlenya. EP ini telah terjual 160,000 eksemplar sampai saat ini, termasuk 34,000 eksemplar pada tahun rilisnya, dan berada di nomor empat. Pada waktu yang sama, BTS membintangi variety show mereka sendiri, di siaran SBS MTV berjudul Rookie King Channel Bangtan, berdasarkan siaran penyiaran palsu bernama “Channel Bangtan”, yang mana para anggota memparodikan berbagai variety shows seperti VJ Special Forces dan MasterChef Korea. Di akhir tahun itu, BTS memenangkan beberapa penghargaan New Artist of the Year, termasuk Melon Music Awards dan Golden Disc Awards 2013 dan Seoul Music Awards 2014.

Seri terakhir dari “school trilogy”, Skool Luv Affair (2014) memuncaki Gaon Chart, terjual sebanyak 100,000 eksemplar pada tahun 2014 dan lebih dari 250,000 eksemplar secara keseluruhan. Album ini juga berada di nomor tiga di tangga album Billboard World Albums, menjadi rilis BTS pertama yang berada di dalam tangga album ini. Album ini menghasilkan single berjudul “Boy in Luv” (Bahasa Korea: 상남자; RR: Sang-namja) dan “Just One Day” (Bahasa Korea: 하루만; RR: Haruman).

Baca Juga  Paket Wisata Tour Korea Selatan Desember 2022

Pada Juni 2015, BTS berpartisipasi sebagai juri di sebuah kompetisi cover tari K-pop di Bridge di Festival Korea di Rusia, sebuah acara yang diadakan untuk mempromosikan pariwisata di kedua negara ini, yang mana mereka juga tampil di panggung.[53] Pada Agustus, grup ini juga menghadiri KCON di Los Angeles. Pada waktu yang sama, mereka merilis album studio Korea pertama mereka, Dark & Wild, yang berada di nomor dua di Gaon Chart dan terjual lebih dari 200,000 eksemplar. Album ini didukung oleh dua single: “Danger” dan “War of Hormone” (Bahasa Korea: 호르몬 전쟁, RR: Horeumon Jeonjaeng).

Album studio debut Jepang mereka, Wake Up, dirilis di Desember tahun itu, berada di nomor tiga di Oricon Albums Chart mingguan dan terjual 28,000 eksemplar. Bersama dengan lagu-lagu lama versi Jepang yang direkam ulang, album ini juga berisi lagu-lagu baru seperti “Wake Up” dan “The Stars”. Tur konser pertama mereka, BTS Live Trilogy – Episode II: The Red Bullet 2014, diadakan dari bulan Oktober sampai Desember

Sekilas Boy Band BTS

BTS (Hangul: 방탄소년단; RR: Bangtan Sonyeondan) juga dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah grup vokal pria asal Korea Selatan beranggotakan tujuh orang yang dibentuk oleh Hybe Corporation. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond The Scene pada bulan Juli 2017. Pada 12 Juni 2013, mereka membawakan lagu berjudul “No More Dream” dari album awal mereka 2 Cool 4 Skool yang mendukung debut mereka pada 13 Juni 2013.

Mereka memenangkan penghargaan New Artist of the Year atas lagu “No More Dream”, termasuk di Melon Music Awards dan Golden Disc Awards 2013 dan Seoul Music Awards 2014. Mereka semakin menarik perhatian dengan album Dark & Wild (2014), The Most Beautiful Moment in Life, Part 2 (2015) dan The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever (2016), dengan dua album terakhir ini memasuki Billboard 200 AS. The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever memenangkan penghargaan Album of the Year di Melon Music Awards 2016.

Baca Juga  Paket Wisata Tour Korea Selatan Desember 2022

Album penuh kedua mereka, Wings (2016), berada di nomor #26 di Billboard 200, yang membuat album dengan posisi tertinggi atas album K-pop. Di Korea Selatan, Wings menjadi album terlaris di sejarah Gaon Album Chart pada waktu itu. Album ini terjual lebih dari 1.5 juta salinan, membuat album ini menjadi “album pertama dengan penjualan jutaan” BTS, dan mereka memenangkan Artist of the Year di Mnet Asian Music Awards 2016.

Rilis mereka selanjutnya, Love Yourself: Her (2017), debut di nomor #7 di Billboard 200, peringkat tertinggi oleh artis Asia dalam sejarah. Grup ini juga debut di Billboard Hot 100 untuk pertama kali dengan lagu berjudul sama seperti album “DNA”, yang masuk peringkat ke #85 dan berada di nomor #67. Lagu lain dari album, “Mic Drop”, diremix oleh Steve Aoki dengan fitur bersama Desiigner dan berada di nomor #28 di Billboard Hot 100. Kedua lagu ini disertifikasi Emas oleh Recording Industry Association of America, kali pertama oleh grup Korea dan artis Korea kedua secara keseluruhan setelah Psy.

Album ini terjual lebih dari 1.2 juta eksemplar di Gaon Album Chart Korea Selatan pada bulan pertama, mendapat penjualan album tertinggi bulanan di sejarah tangga album ini dan tertinggi di tangga album Korea manapun dalam 16 tahun, kedua dari album milik G.o.d berjudul Chapter 4 pada tahun 2001. BTS memenangkan Mnet Asian Music Award sebagai Artist of the Year untuk tahun kedua berturut-turut pada tahun 2017. Album ketiga penuh mereka, Love Yourself: Tear (2018), debut di nomor #1 di Billboard 200, membuat mereka menjadi satu-satunya artis K-Pop yang meraih penghargaan sejauh ini. Lagu berjudul sama seperti album, “Fake Love”, menjadi lagu ketiga mereka dengan sertifikasi emas.

Love Yourself: Answer, versi baru dari album, juga debut di nomor #1 di Billboard 200. Versi baru album ini terjual 1.9 juta eksemplar di Gaon Album Chart pada bulan Agustus 2018, memecahkan rekor penjualan album di tangga album ini sekali lagi. Pada 9 November 2018 “Love Yourself: Answer” menjadi album Korea pertama yang disertifikasi Emas (500,000+ unit), dan BTS menjadi grup Korea pertama yang mendapat sertifikasi Platinum (1,000,000+ unit) dengan single berjudul “Mic Drop” di Amerika Serikat. Mereka telah menjual lebih dari sepuluh juta album di Korea, dengan lima juta terjual pada tahun 2018 saja.

Baca Juga  Paket Wisata Tour Korea Selatan Desember 2022

Dikenal dengan pengikut yang besar di media sosial, BTS dimasukkan oleh Forbes sebagai artis yang cuitannya paling banyak dicuit kembali di Twitter pada bulan Maret 2016. Pada Mei, Twitter meluncurkan emoji K-pop pertama, yang fitur bersama BTS. Pada Oktober, Billboard menempatkan BTS diposisi #1 di tangga lagu Social 50, membuat mereka menjadi grup Korea pertama yang memuncaki daftar ini. Juga pada tahun 2016 mereka berada dalam YouTube’s Music Global Top 100: urutan 17 di posisi untuk video, 6 di posisi artis dan 14 di posisi lagu. Pada Mei 2017, mereka memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards, menjadi grup Korea pertama yang memenangkan BBMA.

Pada Juni 2017, majalah Time menjadikan mereka sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di internet. Pada 20 November 2017, Guinness World Records mengungkapkan bahwa BTS mendapatkan sebuah rekor di edisi 2018 mereka sebagai “memiliki keterlibatan Twitter paling banyak di dunia sebagai grup musik”. Pada Desember tahun itu, diungkapkan mereka menjadi selebritas yang paling banyak dicuitkan pada tahun 2017, menjadi “yang paling banyak disukai atau dicuitkan lebih dari setengah miliar (502 juta)” di seluruh dunia.

Pada tahun 2018, BTS berada di nomor satu di daftar Forbes Korea Power Celebrity, yang menempatkan selebritas paling kuat dan berpengaruh di Korea Selatan, dan juga menjadi artis termuda yang dianugerahi Order of Cultural Merit dari pemerintah Korea Selatan. Pada September 2018, BTS memberikan sebuah pidato di PBB sebagai duta dari UNICEF.

Sumber : Wikipedia

× Silahkan Wa CS Kami