Sphinx Agung Giza Mesir

Sphinx Agung Giza Mesir adalah Salah satu tujuan wisata yang paling di minati oleh turis manca negara di Negeri Piramida Mesir. Sphinx Agung Giza (Arab: أبو الهول‎ Abū al Hūl, bahasa Inggris: The Terrifying One) adalah sebuah patung sfinks besar berbentuk kepala manusia dan berbadan singa yang terdapat di Mesir, di daerah Dataran Giza, tepi barat Sungai Nil, dekat Kairo sekarang. Ini adalah satu dari beberapa patung terbesar di dunia yang terbuat dari satu batu utuh, dan dipercaya telah dibangun oleh peradaban Mesir Kuno pada milenium ketiga SM.

Asal muasal nama yang digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno untuk menyebut patung ini sama sekali tidak diketahui. Nama “sfinks” yang biasa digunakan diambil dari nama makhluk mitologi Yunani. Makhluk ini mempunyai tubuh seekor singa dan kepala seorang wanita, dan sayap seekor elang, walaupun patung sfinks Mesir memiliki kepala laki-laki. Kata “sfinks” berasal dari bahasa Yunani (bahasa Yunani: Σφιγξ— Sphinx, dari kata kerja σφιγγω — sphingo) yang berarti mencekik, karena sfinks dari mitologi Yunani mencekik orang yang tidak dapat menjawab pertanyaan teka-tekinya. Bagi beberapa orang, dipercayai bahwa nama ini merupakan perubahan kata dari bahasa Mesir kuno Shesep-ankh, sebuah nama yang diberikan kepada patung bangsawan pada Dinasti Keempat. Pada tulisan-tulisan abad pertengahan, nama balhib dan bilhaw yang menunjuk pada Sphinx dipergunakan, termasuk oleh sejarawan Mesir Maqrizi, yang menyarankan penyusunan bahasa Koptik, tetapi istilah Arab-Mesir Abul-Hôl, yang diartikan sebagai “Bapak Teror,” lebih banyak digunakan.walaupun diartikan “Bapak Teror”, sphinx merupakan salah satu kebudayaan modern dimasanya, dan merupakan kawasan wisata yang diminati.

Sphinx Agung Giza merupakan sphinx terbesar dan paling terkenal.Sphinx ini terletak di dataran tinggi Giza, di pinggiran Kairo dan merupakan bagian dari kompleks piramida kuno Giza. Sphinx Giza, yang memiliki panjang 73,5 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 20 meter merupakan struktur batu tunggal terbesar di dunia. Meskipun tidak ada bukti langsung mengenai usia, sphinx ini diyakini dibangun sekitar 4.600 tahun yang lalu. Wajah Sphinx Giza menggambarkan firaun dinasti keempat Khafra dengan lambang ular kobra di dahi. Pahatan yang menggambarkan kain kepala nampak terukir di belakang telinga. Jejak cat dekat salah satu telinga menunjukkan bahwa sphinx tersebut dulunya dicat warna-warni.

Awalnya, Sphinx Giza memiliki jenggot, namun kemudian digali dan disimpan di British Museum, London. Dikatakan bahwa sphinx ini kehilangan hidungnya saat menjadi latihan sasaran tembak oleh tentara Napoleon. Kepala sphinx ini memiliki panjang 10 meter dan lebar 4 meter. Matanya memiliki ketinggian dua meter begitu pula dengan lebar mulut yang juga 2 meter. Sedangkan panjang kaki berkisar 15 meter. Sphinx Giza memiliki lempengan batu dengan beberapa prasasti terletak diantara kakinya. Lempengan ini ditambahkan ke monumen asli oleh Raja Thutmose IV. Prasasti menceritakan mimpi Raja (Thutmose) sehingga disebut pula ‘Dream Stela’.

Baca Juga  Paket Wisata Tour Mesir Januari 2021

Sphinx Giza diukir langsung dari bukit kapur. Struktur tersebut memiliki beberapa lapisan batu kapur. Dibandingkan dengan bagian tubuh lain, kepala terbuat dari lapisan yang lebih keras sehingga lebih tahan terhadap erosi. Di lain sisi, dasar struktur terbuat dari lapisan lebih lunak sehingga rawan erosi bahkan tidak lama sejak sphinx tersebut dibuat. Angin gurun yang kuat dan banjir tahunan Sungai Nil menyebabkan erosi pada struktur. Angin gurun yang membawa pasir sering mengubur sphinx ini selama bertahun-tahun. Sphinx Giza telah mengalami beberapa kali restorasi dan merupakan simbol nasional Mesir sekaligus warisan sejarah kuno yang amat berharga.

Segera rencanakan liburan Anda melihat indahnya Sphinx Agung Giza Mesir bersama dengan keluarga, saudara maupun teman-teman anda Jangan ragu juga untuk menghubungi Alindra Haqeem Travel yang akan membantu Anda untuk memilih liburan impian yang tidak akan terlupakan.

Itinerary Wisata Tour Mesir 2021

Hari 01 :
JAKARTA – CAIRO
Hari ini anda berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta untuk bersama sama berangkat menuju Cairo, Mesir by Etihad Airlines .

Hari 02 :
ARRIVAL CAIRO AIRPORT – PYRAMIDS – SPHINX (L/D)
Tiba di Bandara Internasional Cairo, setelah proses imigrasi dan pengambilan bagasi bertemu dengan representative kami untuk melakukan perjalanan mengunjungi “The Great Pyramid of Giza” Dimulai dengan mengunjungi Piramida Cheops yang merupakan Piramida terbesar di antara 3 piramida yang ada dan dianggap sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia Kuno. Selain piramida, anda juga dapat melihat Valley Temple dan The GreatSphinx yakni patung yang berbentuk badan singa dan kepala manusia yang dipercaya sebagai patung penjaga pyramid. Kemudian menuju Papyrus Institiute untuk belajar membuat kertas Papyrus. Makan siang lalu check in hotel. (Bermalam di Cairo)

Hari 03 :
CITADEL SALADIN – AZHAR – IMAM SYAFII – EGYPTIAN MUSEUM – KHAN EL-KHALILI (B/L/D)
Setelah sarapan di hotel, mengunjungi Citadel of Saladin and King Mohamed Ali Pasha Mosque (Alabaster Mosque), Maqam Imam Syafi’i yang merupakan seorang tokoh mahzab ternama. Makan siang, Berikutnya melaksanakan sholat di Masjid Al Azhar yang berlokasi di kawasan Universitas Al Azhar. Serta menziarahi Maqam Cucu Rasulullah SAW di Masjid Husein dan mengunjungi Museum Nasional Mesir untuk melihat koleksi-koleksi peninggalan Mesir Kuno yang sangat unik. Lalu berkunjung ke Parfume Factory berbelanja di Khan El Khalili Bazzar. Selesai tour kemudian kembali ke hotel untuk makan malam dan beristirahat. (Bermalam di Cairo)

Baca Juga  Paket Wisata Tour Mesir 2020 - 2021

Hari 04:
CAIRO – ALEXANDRIA – CAIRO (B/L/D)

Setelah Setelah santap pagi, perjalanan akan dimulai menuju Alexandria untuk mengunjungi Citadel Qaitbay yang merupakan benteng pertahanan bagi Raja Mamluk dari serangan luar. Makan siang di lokal restoran, kemudian melaksanakan sholat di Masjid & Maqam Mursi Abu Abbas yang merupakan seorang sufi dan cendikiawan asal Andalusia. Tak jauh dari masjid tersebut, ada Masjid & Maqam Imam Busiri yang terkenal menciptakan Shalawat Burdah-nya. Lalu perjalanan dilanjutkan melewati Stainli Bridge yang indah dan Perpustakaan Alexandria gedung perpustakaan bersejarah sejak zaman Mesir Kuno. Berkunjung ke Istana Montazah yang merupakan tempat tinggal dan tempat peristirahatan terakhir bagi raja terakhir Mesir, Al Farouk. Terakhir mengunjungi/berphotostop di depan Prophet Daniel Mosque , Lukman Alhakim Mosque. Selesai tour, kembali lagi ke Cairo untuk makan malam dan beristirahat. (Bermalam di Cairo)

Hari 05:
CAIRO – ASWAN BY FLIGHT – PHILAE – HIGH DAM (B/L/D)

Pagi ini Anda akan langsung diantar menuju Airport untuk penerbangan menuju kota Aswan. Setibanya, Anda akan check in Cruise dan orientasi kota sejenak dimulai dengan mengunjungi High Dam, bendungan tanggul terbesar di dunia. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Philae, tempat terdapat Temple of Philae yang dibangun untuk menghormati Dewi Isis. Makan siang di atas kapal pesiar selanjutnya waktu bebas. Sore hari, menikmati perjalanan di Felucca menikmati pemandangan bunga-bunga indah yang diimpor dari Afrika, India, dan Timur Jauh. Kembali ke cruise dan makan malam. (bermalam di Aswan)

Hari 06:
LUXOR – WEST BANK- EAST BANK (B/L/D)

Sarapan pagi, memulai tour untuk bisa melihat makam King Ramses IX dan Queen Ramses III beserta keluarganya di Valley of Kings. Jangan lupa kunjungi Colossi of Memnon dan kuil yang dibangun dewa matahari Amon Ra, Hatshepsut Temple.. Makan siang di lokal restaurant, kemudian menuju Temple of Karnak, kuil terbesar yang dibangun pada zaman Mesir Kuno, didedikasikan untuk Dewa Amon. Kembali ke cruise dan makan malam, selanjutnya waktu bebas di market of Luxor. (bermalam di Luxor)

Baca Juga  Paket Wisata Tour Mesir 2021 Desember 2020

Hari 07:
LUXOR TEMPLE – COLOSSI OF MEMNON – HURGHADA RED SEA (B/L/D)

Pada hari ini anda akan diajak untuk mengunjungi Temple of Luxor yang terletak di jantung Kota Luxor. Selain itu mengunjungi Abu El-Hajaj Mosque sebuah masjid yang berdiri di atas reruntuhan kuil Luxor. Makan siang selanjutnya menuju Hurghada Red Sea untuk makan malam dan beristirahat di hotel. (Bermalam di Hurghada)

Hari 08:
HURGHADA – OPTIONAL BEDOUIN VILLAGE – SAHARA TRIP (B/L/D)

Sarapan pagi di hotel, selanjutnya transfer menggunakan Jepp menuju East Desert. Anda bisa mengikuti kegiatan Optional tour melihat kehidupan suku Bedoin di Sahara Park untuk melihat fatamorgana dari padang pasir. Selain itu mengunjungi desa Bedouin, di tempat ini anda bisa bersantai, dan menikmati Lunch box. Ikuti tur untuk melihat kehidupan tradisional dan mengendarai unta. Nikmati makan malam prasmanan; Pertunjukan Taman Sahara, Pertunjukan Tanura dan Belly Dancer, lagu-lagu folkloric, pertunjukan ular. Kembali ke Hotel Hurghada. Makan malam dan beristirahat. (Bermalam di Hurghada)

Hari 09:
HURGHADA – OPTIONAL TIME – DRIVE BACK TO CAIRO (B/L/D)

Pada hari ini anda akan diantar mengunjungi Abdel Monaem Read Mosque, masjid yang sangat indah dan kaya akan sejarah Selanjutnya waktu bebas untuk berbelanja di Hurghara market. Bagi anda yang ingin bermain wahana air dapat mengikuti kegitan optional tour snorkling/ glass boat / beach motors. Selesai tour kembali ke hotel. (Bermalam di Cairo)

Hari 10:
CAIRO FESTIVAL MALL – CAIRO INTERNATIONAL AIRPORT ( DEPARTURE ) (B/L)

Sarapan pagi di hotel, waktu bebas di Cairo Festival Mall. Selanjutnya anda akan diantar menuju Cairo International Airport untuk melakukan penerbangan kembali menuju Jakarta melalui Abu Dhabi.

Hari 11:
ISTANBUL-SOEKARNO HATTA (ARRIVAL) (B/L)

Hari ini kita akan tiba kembali di tanah air tercinta Indonesia. Semoga perjalanan ini membawa kenangan manis yang tak terlupakan. Terima kasih atas partisipasi anda dan sampai jumpa pada acara lainnya.