Umrah Dari Luar Saudi Sementara Ditangguhkan

Pada hari Senin (21/12) dini hari, Arab Saudi umumkan penangguhan sementara penerbangan selama satu minggu, sebagai tindakan pencegahan terhadap penyebaran COVID-19 jenis baru yang muncul di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. Di tengah penangguhan sementara tersebut, penerbangan yang membawa jemaah umrah juga telah ditangguhkan. Ini akan menjadi penangguhan umrah kedua bagi peziarah internasional setelah yang pertama dicabut sebulan lalu

Kementerian Haji dan Umrah belum membuat pernyataan resmi terkait penangguhan dan akomodasi jamaah haji yang masih di dalam Kerajaan Arab Saudi. Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa penangguhan penerbangan bersifat sementara dan telah diberlakukan selama satu minggu, yang dapat diperpanjang satu minggu lagi setelah analisis yang cermat oleh Kementerian Kesehatan.

Namun Kementerian Dalam Negeri mengizinkan maskapai penerbangan asing untuk meninggalkan Saudi, setelah penangguhan penerbangan diberlakukan. Perlu dicatat bahwa Kerajaan Arab Saudi memiliki jumlah kasus aktif COVID-19 terendah dengan kasus aktifnya menurun setiap hari.

Langkah-langkah baru ini mengejutkan karena Kerajaan diharapkan untuk melanjutkan operasi penerbangan normal, sebagaimana sebelum adanya COVID, mulai 1 Januari 2021.

Sumber : Saudinesia.com